Diskursus tentang Metode Perilaku yang Benar dengan Alasan Seseorang dan Mencari Kebenaran dalam Ilmu Pengetahuan – René Descartes (Bagian III)

Dan akhirnya, karena itu tidak cukup, sebelum mulai membangun kembali rumah tempat kami tinggal, bahwa itu dirobohkan, dan bahan-bahan dan pembangun disediakan, atau bahwa kami terlibat dalam pekerjaan itu sendiri, sesuai dengan rencana yang kami miliki sebelumnya dengan hati-hati ditarik keluar, tetapi karena itu juga diperlukan bahwa kita harus dilengkapi dengan beberapa rumah lain di mana kita dapat hidup dengan nyaman selama operasi,

sehingga saya tidak akan tetap tidak tegas dalam tindakan saya, sementara alasan saya memaksa saya untuk menunda penilaian saya, dan agar saya tidak dapat dicegah untuk terus hidup sampai saat itu dalam kefektifan sebesar mungkin, saya membentuk kode moral yang berlaku, terdiri dari tiga atau empat pepatah, dengan mana saya berkeinginan untuk membuat Anda berkenalan.

Yang pertama adalah mematuhi hukum dan adat istiadat di negara saya, berpegang teguh pada keyakinan di mana, dengan rahmat Tuhan, saya telah dididik sejak kecil dan mengatur perilaku saya dalam setiap hal sesuai dengan pendapat paling moderat, dan yang terjauh dihapus dari ekstrem, yang seharusnya diadopsi dalam praktek dengan persetujuan umum dari yang paling bijaksana dari mereka yang mungkin saya hidupi.

Karena seperti yang saya miliki sejak saat itu mulai memegang pendapat saya sendiri untuk sia-sia karena saya ingin membuat mereka semua untuk diperiksa, saya yakin bahwa saya tidak bisa berbuat lebih baik daripada mengikuti sementara itu pendapat yang paling bijaksana;

dan meskipun mungkin ada beberapa di antara orang Persia dan Cina yang sama bijaknya dengan diri kita sendiri, kebijaksanaan tampaknya mendikte bahwa saya harus mengatur praktik saya sesuai dengan pendapat orang-orang yang dengannya saya harus hidup;

dan nampak bagi saya bahwa, untuk memastikan pendapat yang sebenarnya dari hal itu, saya lebih memilih untuk mengetahui apa yang mereka praktikkan daripada apa yang mereka katakan, bukan hanya karena, dalam korupsi perilaku kita, ada beberapa orang yang cenderung berbicara persis seperti yang mereka yakini, tetapi juga karena sangat banyak yang tidak menyadari apa yang sebenarnya mereka yakini;

karena, sebagai tindakan pikiran yang dengannya sesuatu diyakini berbeda dari apa yang kita ketahui kita percayai, satu tindakan sering ditemukan tanpa yang lain.

Selain itu, di tengah banyak pendapat yang memiliki reputasi yang sama, saya memilih selalu yang paling moderat, sebanyak itu karena ini selalu yang paling nyaman untuk latihan, dan mungkin yang terbaik (untuk semua kelebihan umumnya jahat),

karena itu, dalam jika saya jatuh dalam kesalahan, saya mungkin berada pada jarak yang lebih jauh dari kebenaran daripada jika, setelah memilih salah satu dari yang ekstrem, itu harus berubah menjadi yang lain yang seharusnya saya adopsi.

Dan saya menempatkan di kelas ekstrem terutama semua janji yang dengannya sedikit kebebasan kita diringkas;

bukan karena saya tidak menyetujui undang-undang yang, untuk memberikan ketidakstabilan orang-orang dengan resolusi lemah, ketika apa yang ingin dicapai adalah sesuatu yang baik, mengizinkan perjanjian dengan sumpah dan kontrak yang mengikat para pihak untuk bertahan di dalamnya, atau bahkan, untuk keamanan perdagangan, sanksi keterlibatan serupa di mana tujuan yang ingin direalisasikan acuh tak acuh:

tetapi karena saya tidak menemukan apa pun di bumi yang sepenuhnya lebih baik dari perubahan, dan karena, bagi saya khususnya, saya berharap secara bertahap untuk menyempurnakan penilaian saya, dan tidak membuat mereka memburuk,

saya akan menganggapnya sebagai dosa besar terhadap kebaikan masuk akal, jika, dengan alasan bahwa saya menyetujui sesuatu pada waktu tertentu, oleh karena itu saya mengikat diri saya untuk menyimpannya untuk kebaikan di waktu berikutnya, ketika mungkin itu sudah tidak ada lagi, atau saya sudah tidak lagi menghargai itu.

Pepatah kedua saya adalah bersikap tegas dan tegas dalam tindakan saya semampu saya, dan tidak berpegang teguh pada pendapat yang paling meragukan, ketika pernah diadopsi, daripada jika mereka sangat yakin;

meniru dalam contoh ini para musafir yang, ketika mereka tersesat di hutan, seharusnya tidak berkeliaran dari satu sisi ke sisi lain, jauh lebih sedikit tetap di satu tempat, tetapi terus menerus menuju sisi yang sama dalam garis lurus mungkin, tanpa mengubah arah mereka karena sedikit alasan,

meskipun mungkin itu kesempatan semata yang pada awalnya menentukan seleksi; karena dengan cara ini, jika mereka tidak benar-benar mencapai titik yang mereka inginkan, mereka akan datang setidaknya pada akhirnya ke suatu tempat yang mungkin lebih disukai daripada di tengah hutan.

Dengan cara yang sama, karena dalam tindakan sering terjadi bahwa tidak ada penundaan yang diizinkan, sangat yakin bahwa, ketika tidak dalam kekuatan kita untuk menentukan apa yang benar, kita harus bertindak sesuai dengan apa yang paling mungkin;

dan meskipun kita seharusnya tidak menyatakan probabilitas yang lebih besar dalam satu pendapat daripada yang lain, kita tidak boleh memilih satu atau yang lain, dan setelah itu mempertimbangkannya, sejauh itu berkaitan dengan praktik, karena tidak lagi meragukan, tetapi secara nyata benar dan yakin, karena alasan pilihan kita telah ditentukan dengan sendirinya memiliki sifat-sifat ini.

Prinsip ini sudah cukup untuk maju untuk menyingkirkan saya dari semua penyesalan dan kepedihan penyesalan yang biasanya mengganggu hati nurani dari pikiran yang lemah dan tidak pasti seperti, melarat dari prinsip pilihan yang jelas dan tegas, membiarkan diri mereka suatu hari untuk mengambil tindakan seperti yang terbaik, yang mereka tinggalkan selanjutnya, sebagai kebalikannya.

Pepatah ketiga saya adalah berusaha selalu menaklukkan diri sendiri daripada keberuntungan, dan mengubah hasrat saya daripada tatanan dunia, dan secara umum, membiasakan diri dengan persuasi bahwa, kecuali pikiran kita sendiri, tidak ada yang mutlak dalam kekuatan kita;

sehingga ketika kita telah melakukan yang terbaik dalam hal-hal di luar diri kita, semua di mana kita gagal untuk sukses harus dipegang, dalam hal kita, sama sekali tidak mungkin: dan prinsip tunggal ini bagi saya cukup untuk mencegah saya dari keinginan untuk masa depan apa pun yang Saya tidak bisa mendapatkan, dan dengan demikian membuat saya puas;

karena karena kehendak kita secara alami mencari objek-objek itu sendiri yang pemahamannya mewakili dalam beberapa cara pencapaian, jelaslah, bahwa jika kita menganggap semua barang eksternal sama-sama di luar kekuasaan kita, kita tidak akan lagi menyesali ketiadaan barang-barang seperti yang tampak karena kelahiran kita, ketika dicabut dari mereka tanpa kesalahan kita, daripada kita tidak memiliki kerajaan Cina atau Meksiko, dan dengan demikian membuat, sehingga untuk mengatakan, suatu kebajikan kebutuhan, kita tidak akan lagi menginginkan kesehatan dalam penyakit, atau kebebasan di penjara, dari yang kita lakukan sekarang tubuh tidak fana seperti berlian, atau sayap burung untuk terbang bersama.

Tetapi saya akui ada kebutuhan akan disiplin yang berkepanjangan dan meditasi yang sering diulang untuk membiasakan pikiran untuk melihat semua objek dalam cahaya ini;

dan saya percaya bahwa dalam hal ini terutama terdiri dari rahasia kekuatan para filsuf seperti di masa lalu dimungkinkan untuk naik lebih tinggi dari pengaruh kekayaan, dan, di tengah penderitaan dan kemiskinan, menikmati kebahagiaan yang mungkin membuat iri para dewa mereka.

Karena, secara tak henti-hentinya mempertimbangkan batas-batas yang ditentukan oleh kekuatan mereka, mereka menjadi sangat yakin bahwa tidak ada yang tersedia bagi mereka kecuali pikiran mereka sendiri, bahwa keyakinan ini cukup untuk mencegah mereka menghibur hasrat terhadap benda lain;

dan atas pikiran mereka, mereka memperoleh kekuasaan yang begitu absolut, sehingga mereka memiliki dasar dalam hal ini karena menganggap diri mereka lebih kaya dan lebih kuat, lebih bebas dan lebih bahagia, daripada pria lain yang, apa pun nikmat yang menumpuk pada mereka secara alami dan kaya , jika melarat filosofi ini, tidak pernah bisa memerintahkan realisasi semua keinginan mereka.

Singkatnya, untuk menyimpulkan kode moral ini, saya berpikir untuk meninjau berbagai pekerjaan laki-laki dalam kehidupan ini, dengan pandangan untuk membuat pilihan yang terbaik.

Dan, tanpa ingin menyampaikan komentar tentang pekerjaan orang lain, saya dapat menyatakan bahwa itu adalah keyakinan saya bahwa saya tidak dapat melakukan lebih baik daripada melanjutkan dalam hal di mana saya terlibat, yaitu, dalam mengabdikan seluruh hidup saya untuk budaya alasan saya, dan dalam membuat kemajuan terbesar saya dapat dalam pengetahuan tentang kebenaran, pada prinsip-prinsip metode yang telah saya tetapkan untuk diri saya sendiri.

Metode ini, sejak saya mulai menerapkannya, telah menjadi sumber kepuasan yang begitu kuat untuk menuntun saya, percaya bahwa lebih sempurna atau lebih tidak bersalah tidak dapat dinikmati dalam kehidupan ini;

dan dengan caranya saya setiap hari menemukan kebenaran yang menurut saya penting, dan yang umumnya orang lain tidak tahu, kepuasan yang muncul begitu menyita pikiran saya sehingga saya sama sekali tidak peduli pada setiap objek lain.

Selain itu, ketiga prinsip sebelumnya ditemukan secara tunggal pada desain melanjutkan pekerjaan self-teaching.

Karena karena Allah telah memberi kita masing-masing dengan beberapa alasan untuk membedakan kebenaran dari kesalahan, saya tidak dapat percaya bahwa saya harus sesaat untuk puas dengan pendapat orang lain, kecuali saya memutuskan untuk menggunakan pendapat saya sendiri. penilaian dalam memeriksa ini setiap kali saya harus memenuhi syarat untuk tugas itu.

Saya juga tidak dapat melanjutkan pendapat seperti itu tanpa keraguan, seandainya saya mengira bahwa saya dengan demikian harus kehilangan segala keuntungan untuk memperoleh yang lebih akurat, seandainya ada.

Dan, baik-baik saja, saya tidak bisa menahan keinginan saya, atau tetap puas jika saya tidak mengikuti jalan di mana saya berpikir diri saya pasti mendapatkan semua pengetahuan untuk akuisisi yang saya kompeten, serta jumlah terbesar dari apa benar-benar baik yang saya bisa berharap untuk mengamankan karena kita tidak mencari atau menghindari objek apa pun kecuali sejauh pemahaman kita menyatakannya sebagai baik atau buruk,

semua yang diperlukan untuk tindakan yang benar adalah penilaian yang benar, dan untuk tindakan terbaik penilaian yang paling benar, yaitu, untuk memperoleh semua kebajikan dengan semua hal lain yang benar-benar berharga dan dalam jangkauan kita;

dan jaminan akuisisi tersebut tidak dapat gagal membuat kami puas.

Karena itu telah memberikan kepada diri saya pepatah-pepatah ini, dan telah menempatkannya sebagai cadangan bersama dengan kebenaran iman, yang pernah menduduki tempat pertama dalam kepercayaan saya, saya sampai pada kesimpulan bahwa saya mungkin dengan kebebasan mulai membersihkan diri dari apa yang tersisa dari pendapat saya

Dan, sejauh yang saya harapkan dapat lebih berhasil dalam menyelesaikan pekerjaan ini dengan melakukan hubungan intim dengan umat manusia, daripada dengan tetap lebih lama tutup mulut dalam masa pensiun di mana pikiran-pikiran ini terpikir oleh saya,

Saya mempertaruhkan saya lagi untuk bepergian sebelum musim dingin berakhir. Dan, selama sembilan tahun berikutnya, saya tidak melakukan apa-apa selain berkeliaran dari satu tempat ke tempat lain, berkeinginan menjadi penonton dan bukan sebagai aktor dalam drama yang dipamerkan di teater dunia;

dan, ketika saya menjadikannya sebagai urusan saya dalam setiap masalah untuk secara khusus merefleksikan apa yang mungkin diragukan dan membuktikan sumber kesalahan, saya berangsur-angsur mencabut dari benak saya semua kesalahan yang sampai sekarang merambahinya.

Bukannya dalam hal ini saya meniru orang-orang skeptis yang hanya meragukan bahwa mereka mungkin ragu, dan tidak mencari apa pun di luar ketidakpastian itu sendiri;

karena, sebaliknya, rencanaku sendirian untuk menemukan tanah kepastian, dan menyingkirkan tanah dan pasir yang longgar, agar aku bisa mencapai batu atau tanah liat. Dalam hal ini, seperti yang terlihat oleh saya, saya cukup berhasil;

karena, karena aku berusaha menemukan kepalsuan atau ketidaksempurnaan proposisi yang kuperiksa, bukan dengan dugaan yang lemah, tetapi dengan alasan-alasan yang jelas dan tertentu, aku bertemu tanpa keraguan sehingga tidak menghasilkan kesimpulan kepastian yang memadai, meskipun ini hanyalah Kesimpulannya, bahwa masalah tersebut tidak mengandung sesuatu yang pasti.

Dan, seperti halnya merobohkan sebuah rumah tua, kami biasanya menyimpan reruntuhan untuk berkontribusi terhadap ereksi, jadi, dalam menghancurkan pendapat saya ketika saya dinilai tidak berdasar, saya melakukan berbagai pengamatan dan memperoleh sejumlah Pengalaman yang saya manfaatkan sendiri dalam pendirian lebih pasti.

Dan lebih jauh, saya terus melatih diri dengan metode yang saya tentukan; karena, selain menjaga secara umum untuk melakukan semua pemikiran saya sesuai dengan aturannya, saya memesan beberapa jam dari waktu ke waktu yang secara khusus saya curahkan untuk penggunaan metode ini dalam solusi kesulitan matematika, atau bahkan dalam solusi juga dari beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dimiliki oleh ilmu-ilmu lain, tetapi yang, karena saya telah memisahkan mereka dari prinsip-prinsip ilmu-ilmu seperti yang tidak memadai, diberikan hampir matematis: kebenaran ini akan terwujud dari berbagai contoh yang terkandung dalam buku ini.

Dan dengan demikian, tanpa berpenampilan hidup selain dari mereka yang, tanpa pekerjaan selain yang menghabiskan hidup mereka dengan menyenangkan dan polos, belajar untuk memutuskan kesenangan dari sifat buruk, dan yang, agar mereka dapat menikmati waktu luang tanpa ennui, harus mencari jalan lain untuk pengejaran semacam itu. seperti yang terhormat, saya tetap menuntut desain saya, dan membuat kemajuan yang lebih besar dalam pengetahuan tentang kebenaran, daripada yang mungkin saya buat, seandainya saya terlibat dalam teliti buku-buku semata, atau dalam mengadakan percakapan dengan orang-orang yang berhuruf.

Sembilan tahun ini telah berlalu, namun, sebelum saya sampai pada suatu keputusan yang menentukan sehubungan dengan kesulitan yang merupakan masalah perselisihan di antara yang terpelajar, atau telah mulai mencari prinsip-prinsip filsafat apa pun yang lebih pasti daripada yang vulgar.

Dan contoh-contoh dari banyak pria jenius tertinggi, yang, pada masa lalu, terlibat dalam penyelidikan ini, tetapi, seperti yang tampak pada saya, tanpa keberhasilan, membuat saya membayangkannya sebagai sebuah karya dengan begitu banyak kesulitan, sehingga saya ingin tidak mungkin telah memberanikan diri untuk itu begitu cepat seandainya saya tidak mendengarnya dikabarkan bahwa saya sudah menyelesaikan penyelidikan.

Saya tidak tahu apa yang menjadi dasar pendapat ini; dan, jika percakapan saya berkontribusi dalam ukuran apa pun untuk kenaikannya, ini pasti terjadi bukan karena saya telah mengakui Ketidaktahuan saya dengan kebebasan yang lebih besar daripada mereka yang terbiasa melakukan yang telah belajar sedikit, dan menguraikan mungkin, alasan yang membuat saya ragu banyak dari hal-hal yang oleh orang lain dihargai tertentu, daripada dari saya membual tentang sistem filsafat.

Tetapi, karena saya memiliki kecenderungan yang membuat saya tidak mau dianggap berbeda dari saya yang sebenarnya, saya pikir perlu untuk berusaha dengan segala cara untuk menjadikan diri saya layak atas reputasi yang diberikan kepada saya;

dan sekarang tepat delapan tahun sejak keinginan ini memaksa saya untuk pindah dari semua tempat di mana gangguan dari salah satu kenalan saya mungkin terjadi, dan mempertaruhkan diri ke negara ini, di mana durasi perang yang panjang telah menyebabkan pendirian seperti itu. disiplin, yang dipelihara tentara tampaknya hanya berguna dalam memungkinkan penduduk menikmati lebih aman berkat perdamaian dan di mana, di tengah kerumunan besar yang aktif terlibat dalam bisnis, dan lebih berhati-hati dengan urusan mereka sendiri daripada ingin tahu tentang mereka dari yang lain,

Saya telah dimampukan untuk hidup tanpa kehilangan kenyamanan apa pun yang bisa didapat di kota-kota berpenduduk padat, namun sepi dan pensiun seperti di tengah-tengah gurun yang paling terpencil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s