THE ENCHIRIDION – Chapter 1 by Epictetus

Ada hal-hal yang ada dalam kekuatan kita, dan ada hal-hal yang berada di luar kekuatan kita. Dalam kekuatan kita ada opini, tujuan, keinginan, keengganan, dan, dalam satu kata, urusan apa pun adalah milik kita.

Di luar kekuatan kita adalah tubuh, properti, reputasi, kantor, dan, dalam satu kata, apa pun yang bukan urusan kita sendiri. Sekarang hal-hal di dalam kekuatan kita secara alami bebas, tidak terbatas, tidak terhalang; tetapi mereka yang di luar kekuatan kita lemah, tergantung, dibatasi, asing.

Ingat, kemudian, bahwa jika Anda mengaitkan kebebasan dengan hal-hal yang secara alami tergantung dan mengambil milik orang lain untuk Anda sendiri, Anda akan terhalang, Anda akan meratap, Anda akan terganggu, Anda akan menemukan kesalahan baik dengan para dewa maupun manusia.

Tetapi jika Anda mengambil hanya milik Anda sendiri milik Anda dan memandang apa yang menjadi milik orang lain sebagaimana adanya, maka tidak ada yang akan memaksa Anda, tidak ada yang akan membatasi Anda; Anda akan menemukan kesalahan tanpa siapa pun, Anda tidak akan menuduh siapa pun, Anda tidak akan melakukan apa pun yang bertentangan dengan keinginan Anda; tidak ada yang akan melukai Anda, Anda tidak akan memiliki musuh, Anda juga tidak akan menderita kerugian.

Karena itu, bertujuan untuk mencapai hal-hal besar seperti itu, ingatlah bahwa Anda tidak boleh membiarkan diri Anda kecenderungan apa pun, betapapun kecilnya, terhadap pencapaian yang lain; tetapi Anda harus sepenuhnya berhenti dari beberapa dari mereka, dan untuk saat ini menunda sisanya.

Tetapi jika Anda memiliki ini, dan memiliki kekuatan dan kekayaan juga, Anda mungkin kehilangan yang terakhir dalam mencari yang pertama; dan Anda pasti akan gagal karena hal itu saja diperoleh kebahagiaan dan kebebasan.

Karena itu, cari sekaligus untuk dapat mengatakan kepada setiap kemiripan yang tidak menyenangkan, “Kamu hanyalah kemiripan dan sama sekali bukan hal yang nyata.” Dan kemudian memeriksanya dengan aturan-aturan yang Anda miliki; dan pertama dan terutama dengan ini: apakah itu menyangkut hal-hal yang berada dalam kekuatan kita sendiri atau yang tidak; dan jika itu menyangkut apa pun di luar kekuatan kami, bersiaplah untuk mengatakan bahwa itu bukan urusan Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s